Memperbaiki Grub Ubuntu(Bootloader Ubuntu) - Komputer & Pengetahuan Umum
Loading...
Gadget by Powered By Moel.

Hot

Photobucket

Post Top Ad

Sunday 9 December 2012

Memperbaiki Grub Ubuntu(Bootloader Ubuntu)

wahhh mumpung dapat sebuah pengalaman yang melelahkan di hari ini,langsung saya post aja dehh, pengalaman ini berawal ketika saya tambah ram laptop jadi 4gb,padahal windows saya 32bit,otomatis hanya terdeteksi 2.9gb saja,wah percuma dong saya tambah ram 2gb cuma kebaca 3gb,sempat pakai rap patch tapi ujung2nya bluscreen hadeh terpaksa pindah ke windows7 64bit, setelah inul ehhh malah nyelonong ke windows langsung,gak ada pilihan buat ubuntu/mac os 10.6, sempat pakai esay bcd,tapi kurang asik rasanya jika pakai itu, akhirnya gogling dahh, setelah kesana kemari di dunia maya menemukan secuah cara,

pertama boot aja dari usb/cd dan masuk live cd/usb dan buka terminal(CTRL+ALT+T)
 ketikan
    sudo fdisk -l    


    lihat dimana drive instalan sobat berada di dev/sda berapa?


      sudo mount -t ext4 /dev/sda10 /mnt/
      sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
      sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
      sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
      sudo chroot /mnt /bin/bash


      selanjutnya penginstalan grub

                                        grub-install /dev/sda
        grub-install /dev/sda10 (sda10:sesuai partisi sobat pakai instalasi ubuntu)


        selesai,nah jika tidak ada pesan error insyaallah boot sudah bisa normal dan grub ubuntu menjadi boot pertama ketika komputer dihidupkan,

        pengalaman saya pada perintah terakhir/penginstal grub ada pesan eror namun ketika saya restart grub ubuntu sudah jadi boot utama untuk memilih os, semoga membantu



No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung alangkah baiknya tinggalkan komentar anda,namun dengan kata yang sopan dan baik

Post Top Ad